Senin, 14 Maret 2011

makalah novel kasih sepengalah

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Novel
Dalam novel remaja yang berjudul “ Kekasih sepenggalah ” menceritakan kehidupan Olin dikeluarganya. Olin adalah anak kedua dari tiga bersaudara yang memiliki sifat keIbuan, karena Olin sudah lama ditinggal oleh Ibunya sewaktu Ibunya melahirkan Adiknya yaitu Lili. Sehingga ia didalam keluarga dijadikan sebagai pengganti Ibu. Disekolahan Olin memiliki sahabat yang akrab sekali. Walaupun mereka bertiga berbeda agama, Olin yang beragama Islam, Kristin yang beragama Nasrani, dan Lia yang beragama Budha. Semenjak mereka menjalin persahabatan tidak pernah ada masalah atau keributan dalam menjalaninya.

B. KARANGAN NOVEL.
Novel ini ditulis oleh Ali Muakhir yang terinspirasi lewat lagu berjudul “Mengapa Aku Begini” yang diciptakan oleh group band Naif. Dari lagu itulah sehingga terciptalah sebuah novel berjudul “ Kekasih Sepenggalah ” yang isinya menceritakan tentang seorang laki – laki gay.

1.1 MASALAH
Novel karya Sutan Takdir Alisyahbana yang Berjudul Layar Terkembang adalah novel yang sangat langkah dan jarang di mengerti oleh kalangan pelajar.

1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Mengapa kalangan pelajar tidak mengetahui novel – novel terbitan lama?
2. Bagamana caranya agar pelajar mau menyukai novel – novel terbitan lama?

1.3 TUJUAN MASALAH
Penulis mengapresiasikan Novel karya Sutan Takdir Alisyahbana yang Berjudul Layar Terkembang bertujuan agar pelajar dapat memahami isi dari novel tersebut dan melengkapi syarat untuk ujian praktek tahun ajaran 2009 / 2010.
1.4 METODE PENGUMPULAN DATA
Metode pengumpulan data ini menggunakan kajian pustaka dan dari internet serta buku - buku.

1.5 MANFAAT PENULISAN
Memberikan ilmu tentang Novel karya Sutan Takdir Alisyahbana yang Berjudul Layar Terkembang.

1.7 SISTEMATIKA PENULISAN
Karya ini disusun dalam bentuk – bentuk BAB.
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PEMBAHASAN ISI
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA

BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

A. SIPNOSIS
Pada waktu di sekolah Olin, Kritin, dan Lia mendapat sebuah undangan dari sebuah agensi periklanan untuk casting iklan sebuah produk makanan siap saji atau yang lebih keren disebut fast food. Produser agensi meminta mereka untuk tes casting pada jam empat sore nanti. Mereka bertiga menuju ke kantor agensi menggunakan mobilnya Lia. Di kantor agensi mereka bertemu dengan teman sekolahnya yang bernama Cici Fahira. Dia seorang anak yang sombong. Cici menganggap mereka adalah saingannya. Setelah selesai casting Olin bertemu dengan seorang laki – laki yang wajahnya mirip dengan seorang bintang sinetron Taiwan.
Hari berikutnya Kristin dan Lia mengajak Olin untuk casting yang kedua kalinya, tetapi Olin tidak bisa karena Olin harus mengantarkan Adiknya yaitu Lili yang ingin mendaftar les piano. Setelah pulang dari merndaftarkan les piano Adiknya, dirumahnya kedatangan seorang tamu pria yaitu temannya mas Bagus. Ternyata temannya itu orang yang bertemu di kantor agensi yang wajahnya persis bintang sinetron Taiwan yang lagi ngetrend.
Kemudian Bagus mengenalkan Olin pada temannya yaitu bernama Josua. Bagus kenal Josua sudah hampir setengah tahun. Mereka teman sekampus hanya beda jurusan. Mereka kenal ketika sama – sama menjadi utusan fakultas masing – masing ketika ada pekan seni nasional. Awalnya Bagus tidak terlalu memperhatikan Josua, tetapi dua pekan setelah acara tersebut selesai, Josua menghubungi Bagus untuk menemaninya keacara ulang tahun kantor Papanya.
Selama akrab dengan Josua, Bagus belum pernah mendengar cerita Josua tentang teman ceweknya apalagi melihatnya, padahal hampir tiap saat menceritakan petualangan cintanya yang selalu kandas. Keluarga Josua sudah mengenal Bagus dengan baik, malah terkadang amat baik. Usia Josua yang lebih muda satu tahun dari pada Bagus malah mulai menganggapnya sebagai sahabat sekaligus seorang kakak. Bagus jadi sering bermain kadang sampai menginap di rumah Josua. Selama menginap di rumah Josua, Bagus selalu tidur satu kamar dengan Josua. Josua lama – lama terhanyut oleh perasaan yang tidak boleh seharusnya dimiliki oleh seorang laki – laki. Ternyata Josua seorang gay, tapi Bagus tidak pernah mengerti apa isi hati atau kelakuan Josua terhadapnya.
Josua adalah anak orang kaya raya dan anak tunggal. Ia selalu merasa kesepian. Sehingga ia jarang di rumah, tapi semenjak ada Bagus, Josua jadi sering ada di rumah. Sore itu Josua pulang dari agensi dalam keadaan tidak tenang. Josua mengendarai mobilnya agak kencang. Tiba – tiba tanpa memperdulikan kendaraan yang berbelok didepan, Josua menekan gas mobilnya. Dalam hitungan detik, mobil Josua menabrak mobil didepannya hingga terpental keluar jalur jalan. Mobilnya benar – benar tidak bisa dikendalikan. Sehingga Josua tidak bisa selamat dari kecelakan tersebut. Keesokan harinya Bagus mendapat telepon dari keluarga Josua bahwa Josua sudah meninggal dunia pada waktu malam hari.
Setelah pemakaman selesai keluarga Josua menemukan suatu diary yang isinya berkaitan dengan Bagus. Bagus membaca diary itu, tangan Bagus bergetar membaca diary tersebut. Ada rasa tak karuan dalam hatinya. Ternyata tanpa disadarinya selama dia menjalin hubungan sahabat dengan Josua. Josua menyimpan perasaan suka terhadap Bagus. Dalam diri Bagus ada sesuatu yang belum terselesaikan. Apakah kepergian Josua karena dia yang menghendaki atau Allah SWT lebih sayang kepadanya, agar Josua tidak kembali pada dunia yang diakui didalam diarynya.

B. ANALISIS NOVEL BERJUDUL “KEKASIH SEPENGGALAH” BERDASARKAN WATAK DASAR DARI TOKOH UTAMA DAN TOKOH TAMBAHAN.
1. Watak Dasar Tokoh Utama.
Didalam novel remaja yang berjudul “ Kekasih Sepenggalah ” tokoh utamanya bernama Lina Meliana yang biasa dipanggil dengan nama Olin. Olin duduk di bangku SMA kelas 2. Dia seorang wanita dan seorang siswi yang kesehariannya memakai Jilbab dan juga mempunyai banyak kegiatan disekolahnya. Mulai dari aktif di organisasi hingga kecintaannya pada Tae kwon do. Dia anak kedua dari tiga bersaudara. Dia memiliki sifat dewasa, tidak sombong dan mudah bergaul. Dia juga memiliki sifat keibuan.
Kemudian Bagus Irawan, dia adalah kakaknya Olin satu – satunya. Dia seorang mahasiswa semester 1 di sebuah perguruan tinggi ternama di Bandung. Dia memiliki sifat lebih seperti seorang adik ( ngadik ) dari pada Olin. Dia juga bekerja sebagai seorang foto grafer.
Dan terakhir Josua panggilan akrabnya Jo. Dia seorang yang memiliki muka yang persis dengan salah satu bintang film mandarin. Dia anak tunggal dan memiliki sifat mudah putus asa dan dia juga seorang gay.
2. Watak Dasar Tokoh Tambahan.
 Kristina Maria atau panggilan akrabnya Kristin.
Kristina teman sekelas Olin yang beragama Nasrani, keturunan Batak dan Betawi. Dia hobbinya di foto, sehingga dia lebih menekuni bidang modeling. Dia memiliki sifat mudah atau cepat emosi.
 Secilia Huang Hu atau biasanya di panggil lia.
Lia adalah teman satu kelas dengan Olin yang beragama Budha. Dia bermuka seperti kartun – kartun Jepang karena dia keturunan Tiongkok. Dia memiliki sifat harmonis dan selalu ceria.
 Lili.
Lili yaitu adiknya Olin yang memiliki wajah manis dan pipi chabi – chabi. Dia memiliki sifat manja dan periang.
 Bapak Olin.
Bapak Olin yang memiliki sifat penyabar dan kebapakan.
2. Tema : Perjuangan Wanita Indonesia
Roman ini memperkenalkan masalah wanita Indonesia yang mulai merangkak pada pemikiran modern. Kaum wanita mulai bangkit untuk memperjuangkan hak-haknya sebagai wanita, berwawasan luas, serta bercita-cita mandiri. Masalah lain yang dipersoalkan dalam roman ini, yaitu masalah kebudayaan barat dan timur. Juga termasuk masalah agama. Roman ini menampilkan cinta kasih antara Yusuf, Maria, dan Tuti.
3. Amanat atau Pesan
 Cinta dan pengorbanan kadang selalu berjalan seiring.
 Dibalik kelebihan seseorang terdapat kelemahan.
 Perempuan harus memiliki pengetahuan yang luas sehingga dapat memberikan pengaruh yang sangat besar didalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan demikian perempuan dapat lebih dihargai kedudukannya di masyarakat.

4. Latar / Setting ;
• Gedung casting
• Rumah Joshua
• Diare
• Kantor Agensi
• Perguruan di Bandung

5. Alur : Maju
Karena dalam cerita tidak ada yang menceritakan kemasa lampau.
6. Sudut Pandang : Orang ke-3 yang ditandai dengan menggunakan
nama dalam menyebutkan tokoh-tokohnya.
7. Gaya Penulisan : Romantisme
Didalam novel ini banyak ditemukan majas personifikasi dan banyak menggunakan bahasa Melayu sehingga terlihat agak rancu dan sulit dimengerti.

C. KAITAN TEMA KARYA DENGAN ZAMAN.
Dalam novel ini diceritakan tentang kaum wanita yang mulai bangkit untuk memperjuangkan hak-haknya yang mempunyai wawasan luas dan bercita-cita tinggi. Hal tersebut sesuai dengan zaman pembuatan novel ini yang kala itu gelora Sumpah Pemuda masih bergema. Baik kaum pria maupun wanita aktif dalam berbagai organisasi kepemudaan.

D. KONDISI PSIKOLOGI SETIAP TOKOH PADA SETIAP PERUBAHAN SITUASI DAN KONDISI.
Kondisi – kondisi psikologi tiap tokoh selalu mengalami perubahan – perubahan dalam setiap situasi dsan kondisi dari tiap – tiap apa yang dialami oleh para tokoh dalam novel remaja yang berjudul “ Kekasih Sepenggalah ”. Dalam hal ini yang termasuk sebagai suatu perubahan atau dalam kategori perubahan secara drastis dari semula dan hal tersebut menjadi sesuatu yang baru yang akan dijalaninya.
Pada tokoh Bagus pada awalnya perkenalan Bagus dan Josua yang terbilang sangat singkat dan juga yang hanya bertemu pada waktu ada acara peran seni nasional yang mana mereka berdua dikirim oleh tiap – tiap fakultasnya. Asalnya Bagus tidak menghiraukan Josua kemudian menjadi teman akrabnya dan muncul perasaan yang tidak lazim dimiliki oleh seorang laki – laki yaitu perasaan yang ada pada Josua.
Dari contoh diatas terjadi perubahan kondisi psikologi pada tiap tokohnya terlihat jelas. Dari apa yang dijelaskan diatas bahwa tiap – tiap tokoh mengerti dan memahami secara jelas karakter – karakter masing – masing tokohnya.

E. ENDING CERITA PADA NOVEL.
Pada novel remaja yang berjudul “ Kekasih Sepenggalah ” karya Ali Muakhir yaitu menceritakan tentang sebuah persahabatan yang sudah lama terjalin dengan baik, tiba – tiba dirusak oleh suatu perasaan suka terhadap sesama jenis yang tidak lazim untuk dijalani dan untuk menjauhinya banyak cobaan yang menghadang. Akhirnya terjadilah suatu kecelakaan yang merenggut nyawa. Apakah kepergiannya merupakan kehendak dia sendiri karena suka sama temannya ataukah memang sudah takdir Allah SWT yang sayang padanya. Hal itu demi kebaikannya agar tidak kembali kedalam dunia yang sesuai dengan pengakuannya pada buku diarynya.

BAB III
PENUTUPAN


A. KESIMPULAN.
Pada dasarnya hidup manusia sudah ditakdirkan oleh Tuhan. Dan manusia juga tidak memiliki sifat yang sempurna. Seorang manusia didalam menjalani hidup pasti banyak cobaan yang dihadapinya. Dan Allah SWT juga menciptakan manusia berpasang – pasangan sesuai dalam Q.S. Annissa ayat 29. Jadi tidak diperbolehkan seorang laki – laki menyukai sesama jenis seperti kaumnya nabi Lud.
Dengan adanya manusia atau mahluk ciptaan Tuhan yang hidup di dunia yang fana ini harus bisa memiliki landasan iman yang kuat dan selalu menjalankan perintah – Nya dan menjauhi larangan – Nya.
B. SARAN
Sebaiknya dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini, sebagai generasi penerus kita harus melestarika karya sastra lama. Karena sekarang sedikit orang yang tertarik oleh karya sastra lama karena tergeser oleh karya modern yang lebih menarik perhatian orang.


DAFTAR PUSTAKA

Muakhir, Ali. 2003. Kekasih Sepenggalah. Bandung: Dar Mizan.
2005.Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk Smp/Mts Kelas IX.PEKANBARU:PT Sutr Benta Perkasa Departemen Pendidikan Nasional.2007 Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka